PERPUSTAKAAN

PERPUSTAKAAN DHIPA NAZEYAA SMA NEGERI 2 SALATIGA

Aplikasi E-library (e-libdhinasmanda)

E-LIBDHINASMANDA < download via Smartphone

Jam Operasi Perpustakaan

Senin – Jumat 06.45 s/d 16.00

PROFIL PERPUSTAKAAN

Selamat datang di perpustakaan Dhipa Nazeeya SMA Negeri 2 Salatiga.

Seperti kata Abdurrahman Wahid bahwa perpustakaan adalah tempat memenuhi dahaga ilmu pengetahuan, demikian juga Dhipa Nazeeya yang merupakan perpustakaan bervisi Cerdas Berpengetahuan di abad 21.

Perpustakaan Dhipa Nazeeya SMA berdiri sejak tahun1983 seiring berkembangnya SMA Negeri 2 Salatiga.. Dhipa Nazeeya berasal dari bahasa Sansekerta dan bahasa Arab. Dhipa dari bahasa Sansekerta benteng/cahaya/terang. Nazeeya dari bahasa Arab berarti harapan/inspirasi. Jadi Dhipa Nazeeya merupakan tempat yang banyak memberikan cahaya atau harapan untuk masa depan warga sekolah khususnya dan dunia pada umumnya.

Perpustakaan Dhipa Nazaeeya telah melaksanakan gerakan literasi sekolah dalam bentuk kegiatan 1001 puisi dan musikalisasi puisi yang terangkai dalamkegiatan Bulan Bahasa.

Perpustakaan Dhipa Nazeeya sedang berbenah menuju era digital guna memberikan pelayanan terbaik kepada pemustaka di lingkungan sekolah. Dalam rangka inilah, perpustakaan Dhipa Nazeeya telah memiliki Perpustakaan Digital e-libdhinasmanda yang dapat di download  melalui appstore. Selain itu, perpustakaan Dhipa Nazeeya telah memiliki koleksi 3.286 koleksi dari berbagai disiplin ilmu.

Perpustakaan merupakan tempat untuk memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan bagi warga sekolah. Oleh karena itu, perpustakaan Dhipa Nazeeya dirancang untuk dapat menciptakan suasana nyaman bagi pemustaka. Anjungan absensi merupakan fasilitas absen secara digital bagi pemustaka. Layanan intenet, laboratorium multimedia untuk mengakses informasi berkaitan dengan kebutuhan pembelajaran pemustaka.. Ketika memasuki perpustakaan, pandangan kita akan disambut berbagai karya lukisan peserta didik SMA Negeri 2 Salatiga.yang terpajang dalam lorong apresiasi dan gambar-gambar pahlawan dalam literasi.  Suasana nyaman lain untuk membaca juga dapat dirasakan di ruang baca terbuka, pojok baca, pojok ngadem yang dilengkapi pohon tips sembari melihat pojok toga yang ditanami berbagai tanaman obat tradisional. Pemustaka Dhipa Nazeeya juga dapat berswafoto sembari sesekali menikmati Djamsugar dikantin kejujuran. Peserta didik diberi kesempatan berekspresi musik di acoustic courner , edukasi tari,dan ruang batik. Sebelum meninggalkan perpustakaan setelah membaca dan berekspresi, pemustaka menuliskan impian, harapan, atau cita-cita dalam kertas kecil untuk ditempel di taman mungil literasi dan dinding mimpi.

Perpustakaan Dhipa Nazeeya sebagai lumbung ilmu pengetahuan terus berbenah diri dalam melengkapi koleksi buku dan berusaha meningkatkan pelayanan bagi warga sekolah dalam rangka membudayakan gemar membaca untuk membentuk generasi yang taqwa, terampil, cerdas, dan berdedikasi, serta cinta tanah air.